Rabu, 19 Februari 2020

Tema 6 subtema 4 pembelajaran 2&3

- Februari 19, 2020
Pembelajaran 2
Hari/Tanggal: Rabu/19-2-2020

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak tolakan, melayang dan mendarat yang dapat dilakukan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat dalam aktivitas senam lantai dengan benar. 3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
4. Setelah memahami ungkapan pemberitahuan, siswa dapat membuat kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
5. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

Materi Pembelajaran
• Mengamati gerakan ayam
• Menirukan gerakan ayam
• Membaca teks percakapan
• Mengamati teks percakapan
• Menentukan kalimat pemberitahuan atau bukan kalimat pemberitahuan
• Membuat kalimat pemberitahuan

Udara terasa sejuk.
Beni berkunjung ke rumah Edo.
Edo memiliki banyak ayam.
Lingkungan sekitar rumah Edo bersih.
Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan.
Mereka memiliki kandang ayam yang besar.
Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga Edo.
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam.
Ada yang berjalan, berlari, dan meloncat.
Saat meloncat, ayam bertolak, melayang, dan mendarat.
Tuliskan gerakan ayam di bawah gambar.


        

…………………                         ………………….             
                           


  

  …………………               ………………….                    …………………..


Beni pulang ke rumah.
Ayah mengajaknya bercakap-cakap.
Bacalah percakapan berikut.
Ayah : Dari mana, Beni?
Beni : Dari rumah Edo, ayah.
Edo memelihara banyak ayam di rumahnya.
Ayah : Kita boleh memelihara hewan. Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu
tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama.
Beni : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari.
Ayah : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya. Cucilah tanganmu. Di meja ada
pisang rebus.
Beni : Terima kasih, ayah.
Ayah : Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan.
Beni : Baik ayah.














Amati percakapan Beni dan ayahnya.
Manakah ungkapan yang memberitahukan sesuatu?
Beri tanda √ jika ungkapan pemberitahuan.
Beri tanda × jika bukan ungkapan pemberitahuan.
 

            







Buatlah lima kalimat tentang Edo.
Gunakan kata-katamu sendiri.
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5 _____________________________________________
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks, siswa dapat menuliskan kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
3. Dengan menggunakan benda konkiret, siswa dapat membilang secara urut bilangan 40 sampai 99 dengan tepat.
4. Setelah mengumpulkan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan ( 41-99) dengan tepat.
5. Melalui diskusi, siswa dapat menuliskan kegiatan terkait aturan yang berlaku di lingkungan rumah dengan tepat.
6. Setelah berdiskusi, siswa dapat mempresentasikan kegiatan berkaitan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dengan tepat.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling bekerja sama dalam kebaikan dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli dan bertanggung jawab.

Materi Pembelajaran
• Membaca teks percakapan
• Menemukan kalimat pemberitahuan pada teks
• Menuliskan kalimat pemberitahuan • Membilang secara urut
• Berlatih membilang
• Mengelompokkan benda sambil membilang
• Berdiskusi tentang aturan

Sore hari turun hujan disertai angin. Pohon berputar-putar ditiup angin.
Pohon di dekat rumah Udin patah. Daun-daun berserakan.
Orang-orang bekerja bakti. Mereka membersihkan lingkungan.
Udin mengajak Edo bekerja bakti.








Bacalah percakapan Udin dan Edo berikut ini.
Udin : Apa yang sedang kamu lakukan, Edo?
Edo : Aku baru saja menangkap ayam. Hujan sangat deras. Ayamku lepas dari kandang. Bulu ayam berserakan di mana-mana. Sekarang semua sudah bersih.
Udin : Betul, Edo. Rumah kita harus bersih. Edo,
pohon di dekat rumahku patah. Orangorang sedang bekerja bakti. Aku ingin mengajakmu bekerja bakti.
Edo : Wah, kebetulan. Tugasku sudah selesai. Rumahku sudah bersih. Aku pamit ibuku dahulu.

Amati kembali percakapan Udin dan Edo.
Manakah yang termasuk kalimat pemberitahuan?
Sebutkan.
Tuliskan di tempat tersedia.
1. ____________________________________________
2. ____________________________________________
3. ____________________________________________
4. ____________________________________________                    
5. ____________________________________________






 

Udin dan teman-temannya ikut bekerja bakti.
Mereka menyapu daun yang gugur.
Ada juga bunga dan kerikil.
Mereka mengumpulkannya.
Lalu mereka menghitungnya.
Amatilah gambar berikut ini.
Hitunglah banyak bunga, kerikil, daun di dalam
kotak.
Berapa banyak bunga, kerikil, dan daun di dalam
kotak?
 

















Udin senang ikut bekerja bakti.
Ia mengajak teman-temannya berdiskusi.
Mereka berdiskusi tentang aturan.
Bagaimana aturan menjaga lingkungan?
Bagaimana aturan bersikap kepada tetanggaSetiap anak memberikan pendapatnya.












Berdiskusilah seperti Udin dan teman-temannya.
Semua anak harus berpendapat.
Tuliskan hasil diskusimu pada sehelai kertas.
Presentasikan di depan kelas.



0 komentar:

 

BELAJAR BERSAMA © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor