Senin, 13 Januari 2020

Tema 5 Subtema 2 Pengalaman Bersama Teman

- Januari 13, 2020
Bahan ajar dan materi npembelajaran
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 2 Pengalaman Bersama Teman

Pengalaman Bersama Teman
Hatiku senang karena mempunyai banyak teman.
Teman di sekolah dan di sekitar rumah.
Kami bekerja sama dalam banyak hal.                                                      
Bermain bersama di sekolah dan di rumah.
Kami saling membantu memecahkan masalah.
Kami berbagi makanan dan mainan.
Kami menari dan berolahraga.
Kami saling menyayangi.
Jika kami salah, saling memaafkan.
Kami berusaha bersama mengejar cita-cita.
Bersama teman, aku kaya akan pengalaman.

Hari/Tanggal   : Jum’at, 10 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran
·         Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota
tubuh menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
·         Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota
tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya
diri.
·         Dengan menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
·         Setelah menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menulis ungkapan
permintaan maaf dengan tepat.
·         Melalui teks, siswa dapat menggali informasi tentang aturan bermain
bersama teman di rumah.
·         Setelah berdiskusi dan membaca teks, siswa dapat menyampaikan
kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama
teman dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan.
• Pengalaman mengungkapkan permintaan maaf.
• Pengalaman mengenal aturan bermain bersama teman.

Ayo Membacaembaca
Dayu dan teman-teman merasa senang.                                                         
Mereka akan belajar menari.
Ini merupakan pengalaman baru Dayu dan temanteman.
Mereka akan belajar menari dari gerak tumbuhan.
Bagaimana cara menari dengan gerakan
tumbuhan?                                                                                         


Ayo Mengamati
Gerak tumbuhan adalah gerakan yang dilakukan
dengan cara meniru gerak pada tumbuhan.
Tumbuhan ada yang besar, kecil, tinggi, dan rendah.
Tumbuhan tidak dapat berpindah, namun dapat
bergerak jika dihinggapi kumbang atau ditiup
angin dan karena cahaya.                                                       
Bunga tumbuhan menguncup lalu mengembang
Tangkainya berayun-ayun jika dihinggapi kumbang.
Tumbuhan bergerak miring jika ada angin besar.
Contohnya gerakan daun kelapa yang terkena
embusan angin.
Apakah kamu tahu gerakan-gerakan   tumbuhan yang lain? Sebutkan.  

Ayo Mencoba
Beni dan teman-teman mencoba gerakan-gerakan
tumbuhan.
Ayo, kita peragakan gerakan-gerakan tumbuhan.
Adakah gerakan tumbuhan lain yang kamu
ketahui?
Jika ada, tunjukkan kepada guru dan teman temanmu.









Ayo Mengamati
Ibu guru mencontohkan gerakan tanaman.
Gerakan ibu guru terlihat luwes.
Gerakan anak-anak banyak yang lucu.
Ini pengalaman mereka pertama kali menari
gerakan tumbuhan.
Mereka memperagakan gerakan pohon kelapa
tertiup angin.
Udin tidak sengaja menyenggol bahu Edo.
Udin berkata “Maaf, Edo. Saya
tidak sengaja”.
Edo tersenyum lalu
berkata “Tidak apaapa,
Udin.”
Edo dan Udin
kembali mencoba
gerakan pohon
kelapa.





Ayo Berdiskusi
Rounded Rectangular Callout: .............................................Perhatikan gambar-gambar berikut.
Bersama seorang temanmu, diskusikanlah apa
yang harus dikatakan jika kita mengalami hal-hal
berikut.





Ayo Menulis
Ayo, tuliskan apa yang harus kamu katakan bila
mengalami peristiwa berikut.
1. Kamu tidak sengaja menjatuhkan barang milik
temanmu.
_____________________________________________
2. Kamu tidak sengaja menyenggol teman saat
berjalan.
_____________________________________________
3. Kamu tidak sengaja menabrak teman saat
berlari.
_____________________________________________
4. Kamu lupa mengembalikan buku yang kamu
pinjam dari teman.
_____________________________________________
5. Kamu tersandung barang teman yang tergeletak
di lantai.

Beri tanda ( ) pada gambar kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama
teman.
 

Hari/Tanggal   : Senin, 13 Januari 2020
Pembelajaran 2 & 3

Tujuan Pembelajaran
  • Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan sikap permintaan maaf dengan tepat.
  • Melalui kegiatan menulis surat permintaan maaf, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan maaf tulis dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
  • Pengalaman menuliskan surat permintaan maaf

Ayo Mengamati
Manfaat Maaf-Memaafkan
Udin dan teman-teman berada di kelas.
Ibu guru sedang menjelaskan manfaat meminta
dan memberi maaf.
Orang yang meminta maaf dapat terlepas dari rasa
bersalah.Memaafkan dapat menyelesaikan permasalahan.
Kita harus meminta maaf jika bersalah.
Kita pun harus memaafkan jika ada teman yang
meminta maaf. Saling memaafkan dapat menciptakan
hubungan pertemanan yang lebih baik.




Ayo Menulis
Pagi tadi, Beni bangun kesiangan.
Beni terburu-buru berangkat ke sekolah.
Beni bertugas piket hari ini.
Di depan kelas, Beni menabrak Edo. Buku yang Edo
bawa terjatuh.
Beni meninggalkan Edo dengan rasa bersalah.
Setelah mendengar penjelasan bu uru, Beni
menulis surat untuk Edo.
Beni ingin meminta maaf kepada Edo.
Ayo, bantu Beni.
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________





Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran
  • Melalui kegiatan penghitungan blok Dienes, siswa mengenal lambang bilangan 21 sampai dengan 40.
  • Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menulis lambang bilangan 21sampai dengan 40 secara lengkap.
  • Setelah membaca percakapan, siswa dapat menunjukkan ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
  • Melalui kegiatan menulis percakapan, siswa apat menanggapi ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
  • Melalui kegiatan wawancara teman, siswa dapat mendata aturan bermain bersama teman di rumah.
  • Setelah mengumpulkan data, siswa dapat mempresentasikan kegiatanrumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal lambang bilangan 20 sampai dengan 41
• Pengalaman menunjukkan ungkapan permintaan maaf
• Pengalaman mendata aturan bermain bersama teman di rumah

Ayo Mencoba
Belajar mengenal bilangan bersama teman, sangat menyenangkan.
Beni sudah mengenal bilangan sampai dengan 40.
Beni selalu bersedia membantu teman.
Kali ini, Beni membantu Udin melengkapi tabel
bilangan 21 sampai dengan 40.
Ayo, kita bersama lengkapi tabel berikut.
2




Rounded Rectangular Callout: Aku minta maaf. Aku tidak
sengaja menjatuhkan
bukumu. Ini, aku ambilkan.













 














Ayo Berlatih
Aturan apa saja yang harus ditaati saat bermain
bersama teman di rumah?
Ayo, lakukan wawancara dengan temanmu.
Tanyakan kepada mereka, aturan bermain apa yang
harus mereka taati di rumah?
Tuliskan nama dan jawaban mereka di bawah ini.
Nama:
Aturan bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2. ___________________________________________
Nama:
Aturan bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2. ___________________________________________
Nama:
Aturan bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2. ___________________________________________


Hari/Tanggal   : Selasa, 14 Januari 2020
Pembelajaran 4

Tujuan Pembelajaran
·         Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan.
·         Setelah mengamati gerakan meniru gerak tumbuhan, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian.
·         Melalui kegiatan menyimak teks, siswa dapat menemukan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
·         Setelah menyimak teks, siswa dapat memerankan ungkapan permintaanmaaf lisan dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan tersiram air hujan
• Pengalaman menemukan ungkapan permintaan maaf

Ayo Mencoba
Siti dan teman-teman kagum.
Gerakan tanaman itu indah seperti tangan penari.
Ibu guru meminta anak-anak menirukan
gerakannya.


 











Ayo, peragakan gerakan meniru tanaman.

Ayo Mencoba
Bermain peranlah sebagai salah satu anak yang
berlari di genangan air.
Ungkapkan permintaan maaf yang tepat kepada
Beni dan kawan-kawan.



 









Hari/Tanggal   : Rabu, 15 Januari 2020
Pembelajaran 5 & 6

Tujuan Pembelajaran
  • Melalui kegiatan menyimak teks, siswa dapat mencermati syair lagu berisi ungkapan kasih sayang yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
  • Melalui kegiatan bernyanyi siswa melisankan syair lagu kasih sayang sebagai bentuk ungkapan diri.
  • Melalui kegiatan bermain memasangkan bilangan dengan nama bilangan, siswa dapat membaca nama bilangan 21 sampai dengan 40.
  • Melalui kegiatan melengkapi tabel, siswa menuliskan nama bilangan 21sampai dengan 40.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu.
• Pengalaman membaca dan menulis nama bilangan 21 sampai dengan 40.

Ayo Mengamati
Udin dan teman-teman sedang bernyanyi.
Bernyanyi adalah pengalaman yang
menyenangkan.
Apalagi jika dilakukan bersama teman.
Menyanyikan lagu gembira bersama teman
membuat suasana tambah riang.






Ayo Mencoba
Kamu telah mengenal bilangan sampai dengan 40.
Sekarang, ayo belajar menulis nama bilangannya.
2 enam
Pembelajaran 6

Tujuan Pembelajaran
·         Dengan mengamati syair lagu anak, siswa menunjukkan ungkapan persahabatan dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
·         Melalui kegiatan bernyanyi, siswa mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
·         Melalui kegiatan menghitung kubus susun, siswa dapat menentukan nila tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret (bilangan 21 sampai dengan 40).
·         Dengan melengkapi tabel nilai tempat, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua angka (21 sampai dengan 40) sesuai dengan nilai tempat.
·         Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan aturan bermain bersama teman di rumah.
·         Setelah mendiskusikan aturan bermain bersama teman, siswa dapat memeragakan kegiatan yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman.uh

 sem
Materi Pembelajaran :
  • Pengalaman mengidentifikasi persahabatan ungkapan syair dari lagu anak.
  • Pengalaman menuliskan bilangan sesuai dengan nilai tempat puluhan dan satuan.
  • Pengalaman memeragakan kegiatan yang berhubungan dengan aturan bermain bersama teman.

Ayo Bernyanyi

Berkumpul bersama teman selalu menjadi
pengalaman menyenangkan.
Siti dan teman-teman senang bernyanyi saat
bersama teman.
Kamu pasti tahu lagu “Di Sini Senang”. Lagu ini
mudah dinyanyikan.
Ayo nyanyikan lagu “Di Sini Senang” bersama
teman


Ayo Berlatih
Ayo, kita belajar berhitung lagi.
Lengkapi tabel-tabel di bawah ini sesuai contoh.

Ayo Mengamati
Bersikap Adil terhadap Teman
Siti dan Lani bermain balok susun.
Siti dan Lani membagi balok susun untuk
dimainkan berdua.
Saat Siti dan Lani bermain, Beni datang.
Beni ingin ikut bermain.
Siti dan Lani membagi balok susun untuk bermain bertiga.
Siti dan Lani telah bersikap adil terhadap Beni.
Meskipun Beni datang belakangan, Beni tetap mendapat jumlah balok susun yang sama.
Bagaimana menurutmu sikap Siti dan Lani?
Apakah manfaatnya bersikap adil terhadap teman?

Menurutmu, apa yang akan terjadi bila Siti dan Lani
tidak membagi balok susun untuk Beni dengan adil?

Ayo Berdiskusi

0 komentar:

 

BELAJAR BERSAMA © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor