Bahan ajar dan
materi npembelajaran
Tema 5
Pengalamanku
Subtema 2
Pengalaman Bersama Teman
Pengalaman
Bersama Teman
Hatiku senang karena mempunyai
banyak teman.
Teman di sekolah dan di sekitar
rumah.
Kami bekerja
sama dalam banyak hal.
Bermain bersama di sekolah dan di
rumah.
Kami saling membantu memecahkan
masalah.
Kami berbagi makanan dan mainan.
Kami menari dan berolahraga.
Kami saling menyayangi.
Jika kami salah, saling
memaafkan.
Kami berusaha bersama mengejar
cita-cita.
Bersama teman,
aku kaya akan pengalaman.
Hari/Tanggal : Jum’at, 10 Januari 2020
Pembelajaran
1
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi gerak
anggota
tubuh
menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
·
Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota
tubuh
menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya
diri.
·
Dengan menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
ungkapan
permintaan maaf lisan dengan tepat.
·
Setelah menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menulis
ungkapan
permintaan
maaf dengan tepat.
·
Melalui teks, siswa dapat menggali informasi tentang aturan
bermain
bersama
teman di rumah.
·
Setelah berdiskusi dan membaca teks, siswa dapat menyampaikan
kegiatan
di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama
teman dengan tepat.
Materi
Pembelajaran :
• Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan.
• Pengalaman mengungkapkan permintaan maaf.
• Pengalaman mengenal aturan bermain bersama teman.
Ayo Membacaembaca
Dayu
dan teman-teman merasa senang.
Mereka akan belajar menari.
Ini merupakan pengalaman baru Dayu dan temanteman.
Mereka akan belajar menari dari gerak tumbuhan.
Bagaimana cara menari dengan gerakan
tumbuhan?
Ayo Mengamati
Gerak
tumbuhan adalah gerakan yang dilakukan
dengan
cara meniru gerak pada tumbuhan.
Tumbuhan
ada yang besar, kecil, tinggi, dan rendah.
Tumbuhan
tidak dapat berpindah, namun dapat
bergerak
jika dihinggapi kumbang atau ditiup
angin dan
karena cahaya.
Bunga
tumbuhan menguncup lalu mengembang
Tangkainya
berayun-ayun jika dihinggapi kumbang.
Tumbuhan
bergerak miring jika ada angin besar.
Contohnya
gerakan daun kelapa yang terkena
embusan
angin.
Apakah kamu tahu
gerakan-gerakan tumbuhan yang lain?
Sebutkan.
Ayo
Mencoba
Beni dan
teman-teman mencoba gerakan-gerakan
tumbuhan.
Ayo, kita
peragakan gerakan-gerakan tumbuhan.
Adakah
gerakan tumbuhan lain yang kamu
ketahui?
Jika ada,
tunjukkan kepada guru dan teman temanmu.
Ayo Mengamati
Ibu guru
mencontohkan gerakan tanaman.
Gerakan
ibu guru terlihat luwes.
Gerakan anak-anak
banyak yang lucu.
Ini
pengalaman mereka pertama kali menari
gerakan
tumbuhan.
Mereka
memperagakan gerakan pohon kelapa
tertiup
angin.
Udin
tidak sengaja menyenggol bahu Edo.
Udin
berkata “Maaf, Edo. Saya
tidak
sengaja”.
Edo
tersenyum lalu
berkata
“Tidak apaapa,
Udin.”
Edo dan
Udin
kembali
mencoba
gerakan
pohon
kelapa.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan
gambar-gambar berikut.
Bersama
seorang temanmu, diskusikanlah apa
yang harus
dikatakan jika kita mengalami hal-hal
berikut.
Ayo Menulis
Ayo, tuliskan apa yang harus kamu katakan bila
mengalami peristiwa berikut.
1. Kamu tidak sengaja menjatuhkan barang milik
temanmu.
_____________________________________________
2. Kamu tidak sengaja menyenggol teman saat
berjalan.
_____________________________________________
3. Kamu tidak sengaja menabrak teman saat
berlari.
_____________________________________________
4. Kamu lupa mengembalikan buku yang kamu
pinjam dari teman.
_____________________________________________
5. Kamu tersandung barang teman yang tergeletak
di lantai.
Beri tanda ( ) pada gambar kegiatan di
rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama
teman.
Hari/Tanggal : Senin, 13 Januari 2020
Pembelajaran
2 & 3
Tujuan Pembelajaran
- Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan sikap permintaan maaf dengan tepat.
- Melalui kegiatan menulis surat permintaan maaf, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan maaf tulis dengan tepat.
Materi
Pembelajaran :
- Pengalaman menuliskan surat permintaan maaf
Ayo Mengamati
Manfaat
Maaf-Memaafkan
Udin dan
teman-teman berada di kelas.
Ibu guru
sedang menjelaskan manfaat meminta
dan
memberi maaf.
Orang
yang meminta maaf dapat terlepas dari rasa
bersalah.Memaafkan
dapat menyelesaikan permasalahan.
Kita
harus meminta maaf jika bersalah.
Kita pun
harus memaafkan jika ada teman yang
meminta
maaf. Saling memaafkan dapat menciptakan
hubungan pertemanan
yang lebih baik.
Ayo Menulis
Pagi
tadi, Beni bangun kesiangan.
Beni terburu-buru
berangkat ke sekolah.
Beni
bertugas piket hari ini.
Di depan
kelas, Beni menabrak Edo. Buku yang Edo
bawa
terjatuh.
Beni
meninggalkan Edo dengan rasa bersalah.
Setelah
mendengar penjelasan bu uru, Beni
menulis
surat untuk Edo.
Beni
ingin meminta maaf kepada Edo.
Ayo,
bantu Beni.
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan penghitungan blok Dienes, siswa mengenal lambang bilangan 21 sampai dengan 40.
- Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menulis lambang bilangan 21sampai dengan 40 secara lengkap.
- Setelah membaca percakapan, siswa dapat menunjukkan ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
- Melalui kegiatan menulis percakapan, siswa apat menanggapi ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
- Melalui kegiatan wawancara teman, siswa dapat mendata aturan bermain bersama teman di rumah.
- Setelah mengumpulkan data, siswa dapat mempresentasikan kegiatanrumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal
lambang bilangan 20 sampai dengan 41
• Pengalaman menunjukkan
ungkapan permintaan maaf
• Pengalaman mendata
aturan bermain bersama teman di rumah
Ayo Mencoba
Belajar mengenal bilangan bersama teman, sangat menyenangkan.
Beni sudah mengenal bilangan sampai dengan 40.
Beni selalu bersedia membantu teman.
Kali ini, Beni membantu Udin melengkapi tabel
bilangan 21 sampai dengan 40.
Ayo, kita bersama lengkapi tabel berikut.
2
Ayo Berlatih
Aturan
apa saja yang harus ditaati saat bermain
bersama
teman di rumah?
Ayo,
lakukan wawancara dengan temanmu.
Tanyakan
kepada mereka, aturan bermain apa yang
harus
mereka taati di rumah?
Tuliskan
nama dan jawaban mereka di bawah ini.
Nama:
Aturan
bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2.
___________________________________________
Nama:
Aturan
bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2.
___________________________________________
Nama:
Aturan
bermain bersama teman:
1.____________________________________________
2.
___________________________________________
Hari/Tanggal : Selasa, 14 Januari 2020
Pembelajaran
4
Tujuan Pembelajaran
·
Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat
mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan.
·
Setelah mengamati gerakan meniru gerak
tumbuhan, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan
dalam suatu tarian.
·
Melalui kegiatan menyimak teks, siswa
dapat menemukan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
·
Setelah menyimak teks, siswa dapat
memerankan ungkapan permintaanmaaf lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan
tersiram air hujan
• Pengalaman menemukan ungkapan permintaan
maaf
Ayo Mencoba
Siti dan
teman-teman kagum.
Gerakan
tanaman itu indah seperti tangan penari.
Ibu guru
meminta anak-anak menirukan
gerakannya.
Ayo,
peragakan gerakan meniru tanaman.
Ayo Mencoba
Bermain peranlah sebagai salah satu anak yang
berlari di genangan air.
Ungkapkan permintaan maaf yang tepat kepada
Beni dan kawan-kawan.
Hari/Tanggal : Rabu, 15 Januari 2020
Pembelajaran
5 & 6
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan menyimak teks, siswa dapat mencermati syair lagu berisi ungkapan kasih sayang yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
- Melalui kegiatan bernyanyi siswa melisankan syair lagu kasih sayang sebagai bentuk ungkapan diri.
- Melalui kegiatan bermain memasangkan bilangan dengan nama bilangan, siswa dapat membaca nama bilangan 21 sampai dengan 40.
- Melalui kegiatan melengkapi tabel, siswa menuliskan nama bilangan 21sampai dengan 40.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengidentifikasi ungkapan
sayang dalam syair lagu.
• Pengalaman membaca dan menulis nama bilangan
21 sampai dengan 40.
Ayo Mengamati
Udin dan
teman-teman sedang bernyanyi.
Bernyanyi
adalah pengalaman yang
menyenangkan.
Apalagi
jika dilakukan bersama teman.
Menyanyikan
lagu gembira bersama teman
membuat suasana tambah riang.
Ayo Mencoba
Kamu
telah mengenal bilangan sampai dengan 40.
Sekarang, ayo
belajar menulis nama bilangannya.
2 enam
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran
·
Dengan mengamati syair lagu anak, siswa
menunjukkan ungkapan persahabatan dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan
dengan tepat.
·
Melalui kegiatan bernyanyi, siswa
mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah syair
lagu yang telah didengar dengan tepat.
·
Melalui kegiatan menghitung kubus susun,
siswa dapat menentukan nila tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas
dua angka dengan bantuan benda konkret (bilangan 21 sampai dengan 40).
·
Dengan melengkapi tabel nilai tempat,
siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua angka (21 sampai dengan 40)
sesuai dengan nilai tempat.
·
Setelah menyimak teks, siswa dapat
menjelaskan aturan bermain bersama teman di rumah.
·
Setelah mendiskusikan aturan bermain
bersama teman, siswa dapat memeragakan kegiatan yang berkaitan dengan aturan
bermain bersama teman.uh
sem
Materi Pembelajaran :
- Pengalaman mengidentifikasi persahabatan ungkapan syair dari lagu anak.
- Pengalaman menuliskan bilangan sesuai dengan nilai tempat puluhan dan satuan.
- Pengalaman memeragakan kegiatan yang berhubungan dengan aturan bermain bersama teman.
Ayo Bernyanyi
Berkumpul
bersama teman selalu menjadi
pengalaman
menyenangkan.
Siti dan
teman-teman senang bernyanyi saat
bersama
teman.
Kamu
pasti tahu lagu “Di Sini Senang”. Lagu ini
mudah
dinyanyikan.
Ayo
nyanyikan lagu “Di Sini Senang” bersama
teman
Ayo Berlatih
Ayo, kita
belajar berhitung lagi.
Lengkapi
tabel-tabel di bawah ini sesuai contoh.
Ayo Mengamati
Bersikap Adil terhadap Teman
Siti dan
Lani bermain balok susun.
Siti dan
Lani membagi balok susun untuk
dimainkan
berdua.
Saat Siti
dan Lani bermain, Beni datang.
Beni
ingin ikut bermain.
Siti dan
Lani membagi balok susun untuk bermain bertiga.
Siti dan
Lani telah bersikap adil terhadap Beni.
Meskipun
Beni datang belakangan, Beni tetap mendapat jumlah balok susun yang sama.
Bagaimana
menurutmu sikap Siti dan Lani?
Apakah
manfaatnya bersikap adil terhadap teman?
Menurutmu, apa yang akan terjadi bila Siti dan Lani
tidak membagi balok susun untuk Beni dengan adil?
Ayo Berdiskusi
0 komentar:
Posting Komentar