Bahan ajar dan
materi npembelajaran
Tema 5
Pengalamanku
Subtema 3
Pengalaman di Sekolah
Setiap hari aku pergi ke sekolah.
Tak terkira senang rasa hatiku.
Berjumpa dengan teman dan sahabat.
Belajar dengan guru yang sabar selalu.
Banyak pengalaman yang kudapat di sekolah.
Kadang mengesalkan, tetapi lebih sering
menyenangkan.
Aku senang pergi ke sekolah.
Bertambah teman dan ilmu.
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran
:
·
Melalui
pengamatan berbagai contoh foto keluarga, siswa dapat menggali informasi
tentang keberagaman karakteristik fisik individu di rumah dengan benar.
·
Melalui
bertukar pendapat dengan teman tentang ciri-ciri fisik anggota keluarga
masing-masing, siswa dapat menggali informasi tentang keberagaman karakteristik
fisik individu di rumah dengan benar.
·
Dengan
mengidentifikasi foto keluarga, siswa dapat menceritakan keberagaman
karakteristik fisik individu di rumah kepada teman dengan percaya diri.
·
Dengan
mencatat ciri-ciri fisik anggota keluarga berdasarkan hasil pengamatan, siswa
dapat menceritakan keberagaman karakteristik fisik individu di rumah kepada
teman dengan tepat dan percaya diri.
·
Dengan
mengamati contoh karya ekspresi tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi dengan tepat.
·
Dengan
membuat lempung terigu, siswa dapat mengidentifikasi bahan dan alat untuk
membuat lempung terigu sebagai salah satu bahan lunak dengan benar.
·
Dengan
membuat lempung terigu, siswa dapat berkreasi membentuk benda yang memiliki
fungsi tertentu dengan kreatif sesuai tema yang telah ditentukan.
·
Dengan
mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan kata
ajakan dengan tepat.
·
Dengan
menyalin contoh kata ajakan, siswa dapat menuliskan kata ajakan dengan tepat.
·
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menuliskan kata ajakan dengan tepat.
Materi
Pembelajaran :
• Menceritakan ciri-ciri fisik anggota keluarga pada teman di
sekolah
• Membuat lempung terigu
• Mengenal kata
ajakan
Ayo Berlatih
Tempelkan foto keluargamu pada kotak berikut.
Tuliskan ciri-ciri anggota keluargamu
Ayo Berkreasi
Membuat Lempung Terigu
Di sekolah, Udin dan teman-teman membuat
lempung terigu.
Ibu guru membantu mereka.
Lempung terigu untuk membuat berbagai bentuk.
Siti membawa tepung terigu dan pewarna makanan.
Beni membawa garam dan minyak goreng.
Udin menyiapkan air hangat untuk melarutkan
garam.
Cara membuatnya ternyata mudah.
• Larutkan 100 gram garam dengan sedikit air
hangat.
• Tambahkan pewarna makanan.
• Tambahkan 1 sendok makan minyak goreng.
• Aduk rata bahan-bahan tersebut.
• Terakhir, tambahkan 200 gram tepung terigu
sampai adonan siap dibentuk.
Ayo Berlatih
Susunlah kalimat ajakan.
Gunakan kata ajakan yang tersedia.
Mari
Ayo,
Hari/Tanggal : Jum’at, 17 Januari 2020
Pembelajaran 2 &
3
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
mengamati dan mendengarkan cerita yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan kata
ajakan secara lisan dengan benar.
·
Setelah
melakukan diskusi, siswa dapat menyebutkan kata ajakan dengan tepat.
·
Setelah
mengetahui macam-macam kata ajakan, siswa dapat mengungkapkan kata ajakan
secara lisan dengan tepat.
·
Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menggunakan kata ajakan secara lisan dengan
tepat.
Materi Pembelajaran :
·
Mengungkapkan kalimat ajakan secara lisan
Ayo Berdiskusi
Dayu mengajak teman-teman bermain di halaman sekolah.
Dayu menggambar kotak-kotak berurutan.
Selanjutnya, kotak-kotak ditulisi dengan angka.
Setelah itu, Dayu melompati setiap kotak.
Rupanya Dayu mengajak bermain engklek.
Engklek adalah permainan tradisional.
Bermain engklek membuat badan bugar dan sehat.
Bagaimanakah kalimat yang tepat untuk mengajak bermain?
Diskusikan bersama teman.
Ayo Berlatih
Amati gambar-gambar berikut.
Dayu mengajak Lani bermain ayunan.
Kalimat ajakan :...................................
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
mendengarkan cerita guru, siswa dapat menyebutkan keberagaman kegemaran
individu dengan runtut dan percaya diri.
·
Dengan
mewawancarai anggota keluarga di rumah, siswa dapat menemukan informasi
mengenai keberagaman kegemaran individu di rumah dengan tepat.
·
Setelah
menemukan informasi mengenai keberagaman anggota keluarga di rumah, siswa dapat
memahami adanya perbedaan karakteristik pada anggota keluarga dengan benar.
·
Dengan
menuliskan kesimpulan tentang ragam kegemaran anggota keluarga di rumah, siswa
dapat mempresentasikan keberagaman kegemaran individu di rumah kepada teman
dengan runtut dan percaya diri.
·
Dengan
mengamati cerita bergambar yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyebutkan ragam
kata ajakan dengan tepat.
·
Dengan
mengetahui berbagai kata ajakan dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat
menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
·
Melalui
permainan memasangkan gambar dengan kata, siswa dapat mencocokkan gambar dengan
kalimat ajakan yang tepat.
·
Dengan
melakukan permainan memasangkan gambar dengan kata, siswa dapat menggunakan
kata ajakan secara lisan dengan tepat.
·
Dengan
menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menentukan kumpulan benda yang
anggotanya lebih banyak/lebih sedikit.
·
Dengan
menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat mengurutkan kumpulan benda
berdasarkan banyak anggotanya.
·
Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggunakan kata lebih banyak, lebih
sedikit, atau sama banyak dalam membandingkan kumpulan benda.
·
Dengan
mengamati banyak kumpulan benda, siswa dapat mengurutkan banyak benda.
Materi Pembelajaran :
• Mencatat ragam kegemaran anggota keluarga pada teman sekelas
• Memasangkan gambar dengan kata ajakan yang sesuai
• Membandingkan dan mengurutkan benda 21–40 dengan benda Konkret
Tuliskan hewan yang digemari
anggota keluargamu.
Mintalah keluargamu memilih hewan yang paling disukai beserta alasannya.
Tuliskan hewan yang digemari anggota
keluargamu.
Anggota Keluarga
|
Hewan
yang Disukai
|
Alasan
|
Ayah
|
||
Ibu
|
||
Kakak
|
||
Adik
|
Ayo Berlatih
Pasangkan gambar dengan kalimat ajakan yang tepat.
Ayo Berlatih
Bandingkanlah
Hitung banyak balok di bawah ini. Bandingkan menggunakan kata lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
Hari/Tanggal : Senin, 20 Januari 2020
Pembelajaran 4 &
5
Pembelajaran 4
Tujuan
Pembelajaran :
·
Dengan
membaca nyaring bacaan yang terdapat pada buku, siswa dapat memahami isi bacaan
dengan tepat.
·
Setelah
memahami isi bacaan yang terdapat pada buku, siswa dapat menunjukkan kata
ajakan yang terdapat dalam bacaan dengan tepat.
·
Setelah
menunjukkan kata ajakan yang terdapat dalam bacaan, siswa dapat menyebutkan
contoh kata ajakan lainnya dengan benar.
·
Setelah
menyimak berbagai kata ajakan yang disampaikan oleh teman, siswa dapat
menanggapi kata ajakan yang telah disebutkan dengan runtut dan percaya diri.
·
Setelah
menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat
dan bahan untuk membuat karya ekspresi tiga dimensi dari bahan lunak dengan
baik.
·
Setelah
mempraktikkan cara membuat bubur kertas, siswa dapat mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya ekspresi tiga dimensi dari bahan lunak.
·
Setelah
membuat bubur kertas, siswa dapat membentuk bubur kertas menjadi karya tiga
dimensi berupa bingkai sesuai tema yang telah ditentukan.
Materi
Pembelajaran :
• Menunjukkan kata ajakan pada suatu cerita sederhana
•Membuat bubur kertas
Bacalah cerita di bawah ini.
Ada berbagai binatang di sana.
Dayu mengajak Siti melihat gajah.
”Ayo, kita lihat gajah, Siti” ajak Dayu.
Edo mengajak Beni ke kandang jerapah.
”Yuk, kita ke kandang jerapah” kata Edo.
Mereka belajar bersama tentang binatang.
Mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan.
Tunjukkan kalimat ajakan pada cerita di atas.
Diskusikan dengan teman kata ajakan yang lainnya.
Ayo Berkreasi
Saat karyawisata, bu guru mengabadikan dalam sebuah foto.
Foto dapat menjadi kenangan suatu peristiwa.
Foto dengan kenangan indah dapat kita bingkai.
Mari membuat bingkai foto.
Bingkai dibuat dari bubur kertas.
Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Sobek 4 lembar koran menjadi potongan kecil.
2. Tuang 5 sendok makan lem ke dalam wadah.
3. Tambahkan air secukupnya ke dalam lem.
4. Aduk lem dan air sampai larut, lalu tambahkan sobekan koran.
5. Saring bubur kertas menggunakan kain.
6. Bentuk menjadi bingkai foto.
7. Buatlah bingkai dengan berbagai bentuk lainnya.
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat ajakan yang tepat sesuai
isi gambar.
·
Setelah
mengamati kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan tanggapan dari kalimat ajakan
yang telah ditulis teman dengan tepat.
·
Dengan
menggunakan lembar kegiatan siswa pada buku siswa, siswa dapat membandingkan
dua bilangan dari 21 sampai dengan 40 dengan istilah lebih dari, kurang dari,
sama dengan.
·
Dengan
menggunakan lembar kegiatan siswa pada Buku Siswa, siswa dapat mengurutkan
bilangan dari 21 sampai dengan 40.
·
Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat menggunakan kata lebih dari, kurang dari,
atau sama dengan saat membandingkan bilangan.
·
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi banyak dan urutan bilangan
dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Menanggapi ungkapan kata ajakan yang tepat
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 21–30
Ayo Berlatih
Beri tanda (v) pada kalimat ajakan yang tepat.
Udin mengajak Beni bermain kasti.
• Beni, ayo, kita bermain kasti.
• Beni, Edo mengajakmu bermain kasti.
Tuliskan tanggapan Beni terhadap ajakan Udin
_______________________________________________
_______________________________________________
Hari/Tanggal : Selasa, 21 Januari 2020
Pembelajaran 6
Tujuan
Pembelajaran :
·
Setelah
mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru, siswa mampu menyebutkan kalimat
ajakan dengan tepat.
·
Setelah
membaca teks percakapan, siswa mampu menunjukkan kalimat ajakan dengan tepat.
·
Setelah
membuat cerita sederhana untuk bermain peran, siswa mampu mengungkapkan kalimat
ajakan secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan percaya diri.
·
Dengan
melakukan wawancara terhadap anggota keluarga, siswa dapat menuliskan daftar
makanan kesukaan anggota keluarga dengan rinci.
·
Setelah
menuliskan daftar makanan kesukaan anggota keluarga, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman makanan kesukaan individu di rumah dengan tepat.
·
Dengan
mengidentifikasi makanan kesukaan anggota keluarga, siswa dapat menceritakan
pengalaman makan bersama anggota keluarga kepada teman dengan runtut dan
percaya diri.
·
Melalui
permainan membandingkan bilangan, siswa dapat mengidentifikasi istilah
perbandingan (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) saat membandingkan
bilangan dengan tepat.
·
Dengan
mengidentifikasi istilah perbandingan (lebih dari, kurang dari, atau sama
dengan) siswa dapat menentukan bilangan yang lebih banyak atau lebih sedikit
dengan tepat.
·
Dengan
mengidentifikasi letak bilangan 21-40 yang terdapat pada garis bilangan, siswa
dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari yang terkecil dengan tepat.
·
Dengan
mengidentifikasi letak bilangan 21-40 yang terdapat pada garis bilangan, siswa
dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari yang terbesar dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Bermain peran dengan menggunakan kata ajakan
• Mencatat ragam makanan yang disukai anggota keluarga
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 31–40
Ayo Bermain Peran
Amati percakapan berikut.
Dayu : ”Siti, sudah waktunya istirahat. Ayo, kita ke kantin.”
Siti : ”Maaf Dayu, aku membawa bekal dari rumah.
Mari silakan cicipi kue buatan ibuku.”
Dayu : ”Terima kasih, Siti. Aku coba ya?”
Siti : ”Silakan Dayu.”
Dayu : ”Wah, kue buatan ibumu sedap sekali.
Bolehkah aku belajar membuatnya?”
Siti : ”Dengan senang hati. Yuk, main ke rumahku.
Nanti kita belajar membuat kue bersama ibu.”
Pada percakapan Dayu dan Siti terdapat tiga kalimat ajakan.
Tuliskan kalimat ajakan tersebut.
1. ____________________________________________
2. ____________________________________________
3. ____________________________________________
Kata ajakan sering digunakan sehari-hari.
Pernahkah kamu mengajak teman melakukan sesuatu?
Buat ceritanya, lalu perankan di depan kelas.
Ayo Berlatih
Tuliskan makanan yang disukai anggota
keluargamu.
Ayah
|
Ibu
|
Kakak
|
Adik
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Ayo Berlatih
Bandingkan bilangan ini.
0 komentar:
Posting Komentar