Bahan ajar dan materi pembelajaran
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 4 Pengalaman yang berkesan
Banyak pengalaman yang tidak bisa kita lupakan.
Pengalaman yang menyenangkan dan tidak bisa dilupakan.
Pengalaman itu disebut pengalaman yang berkesan.
Pengalaman belajar bersepeda bersama Ayah.
Pengalaman dibacakan cerita oleh Ibu.
Pengalaman bermain lempar bola bersama teman.
Pengalaman berkunjung ke kebun binatang.
Semua itu merupakan pengalaman yang berkesan.
Kamu pasti mempunyai pengalaman yang berkesan.
Ceritakan kepada temanmu.
Hari/Tanggal : Rabu, 22 Januari 2020
Pembelajaran 1 & 2
Tujuan Pembelajaran
:
·
Setelah
menyanyikan lagu ‘Kasih Ibu’, siswa dapat menuliskan ungkapan hormat kepada ibu
dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
·
Melalui
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menggali informasi tentang contoh kegiatan kerja
sama dalam keberagaman di rumah.
·
Setelah
mengumpulkan informasi, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama
membersihkan rumah bersama keluarga.
·
Melalui
kegiatan menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal
dari hewan yaitu melukis kulit telur.
Siswa
mampu membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan bahan yang berasal dari
hewan (melukis kulit telur).
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kasih sayang dalam lagu Kasih Ibu
• Pengalaman mengenal kegiatan kerja sama di rumah
• Pengalaman mengenal pemanfaatan kulit telur untuk dibuat hiasan
Ayo Bernyanyi
Udin dan kakaknya senang bernyanyi.
Udin, kakak, ayah, dan ibu sering bernyanyi bersama.
Mereka bernyanyi lagu gembira.
Suasana menjadi lebih ceria saat satu keluarga bernyanyi bersama.
Bernyanyi bersama merupakan pengalaman yang mengesankan.
Ayo, kita bernyanyi bersama.
Ayo Mengamati
Berilah tanda (v) pada kegiatan kerja sama dalam keluarga, dan berilah tanda (x) pada kegiatan yang
bukan kerja sama.
Ayo Membaca
Udin dan keluarga juga sedang membersihkan rumah.
Udin mendapat tugas membuang sampah.
Sebelumnya Udin memisahkan sampah kulit telur.
Kulit telur sisa ibu membuat kue banyak sekali.
Udin teringat akan Paman Panji.
Paman Panji pernah membuat hiasan dari kulit telur.
Paman Panji mengajarkan Udin cara membuatnya.
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
melakukan kegiatan membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan rasa
persahabatan dengan tepat.
·
Melalui
kegiatan menulis puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan rasa
persahabatan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat
Ayo Membaca
Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya.
Siti bersyukur. Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi.
Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu.
Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.
Ayo, baca puisi karangan Siti.
Ayo Menulis
Ayo, tuliskan puisi sederhana tentang persahabatan dengan temanmu.
Hari/Tanggal : Kamis/23 Januari2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
·
Melalui
kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap
kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40
dengan tepat.
·
Siswa
dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
·
Setelah
membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam
keberagaman di rumah dengan tepat.
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit
dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.
Ayo Mencoba
1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.
Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.
Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.
Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.
Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.
Hari/Tanggal : Jumat/24 Januari 2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan
tepat.
·
Melalui
kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam
puisi dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat
pigura dengan hiasan dari kulit telur.
·
Siswa
dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur
Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.
Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.
Ayo Mengamati
Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur
Siti ingin membingkai untuk puisinya.
Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.
Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris.
5. Pensil.
Hari/Tanggal : Senin/27 Januari 2020
Pembelajaran 5&6
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
·
Melalui
kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam
syair lagu dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah
dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
dengan bantuan benda konkret.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40
Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.
Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam
sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
·
Siswa
dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam sebuah puisi yang telah
didengar dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerjasama dalam
keberagaman di rumah dengan tepat.
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota
keluarga dengan percaya diri.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
menggunakan benda konkret.
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel
Ayo Menulis
Ingatkah kamu, pengalaman pertama yang mengesankan?
Tuliskan puisi tentang pengalamanmu, di dalam kotak berikut.
Ayo Mengamati
Udin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kakak.
Udin membutuhkan baju kecil yang nyaman.
Udin butuh popok.
Udin juga butuh selimut.
Hari ini ibu dan ayah mengajak Mutiara berbelanja kebutuhan Udin.
Ayah berjanji, Mutiara juga akan dibelikan pakaian baru.
Mutiara senang sekali.
Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah berbelanja bersama keluarga?
Apa saja kerja sama yang keluargamu lakukan saat berbelanja.
Ayo ceritakan pengalamanmu.
Ayo Mencoba
Guntinglah gambar baju di halaman terakhir.
Sesuaikan banyaknya dengan perintah.
Jumlahkan semua gambar baju itu.
0 komentar:
Posting Komentar