Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 4
Keluargaku
Subtema 2 Kegiatan
Keluargaku
Anggota keluarga
memiliki kegiatan yang berbeda
Setiap hari ayah
pergi ke kantor
Anak-anak pergi
ke sekolah
Ibu menyiapkan
makanan untuk keluarga
Semua anggota
keluarga saling membantu
Pekerjaan pun
jadi lebih ringan
Hari/Tanggal :
Senin, 21 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru,
siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
2.
Dengan menyusun percakapan, siswa mampu menggunakan
ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3.
Dengan pembuatan poster, siswa mampu menuliskan
hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan
tepat.
4.
Dengan menyimak contoh yang diperagakan guru, siswa
dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan
pulang sekolah dengan santun.
5.
Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu
mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian
dengan tepat.
6.
Melalui praktik langsung, siswa mampu memeragakan
gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya
diri.
Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca nyaring teks
2.
Makan pagi bersama keluarga.
3.
Menuliskan kegiatan makan pagi bersama dengan
melengkapi bagian kalimat yang kosong dengan menggunakan kata bantu yang
tersedia.
4.
Membaca nyaring teks Peraturan makan.
5.
Mensimulasikan ungkapan terima kasih dan tolong.
6.
Memeragakan cara berpamitan pergi ke sekolah dan
pulang sekolah, serta mencium tangan orang tua.
7.
Membaca dengan nyaring teks Rekreasi bersama
keluarga.
8.
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak
ayam dalam suatu tarian
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan
nyaring
Makan Pagi Bersama Keluarga
Ibu Siti
menyiapkan makan pagi
Siti membantu
ibu menyiapkan makan pagi
Siti makan pagi
bersama keluarga
Makan pagi
bersama keluarga sangat menyenangkan
Siti dan
keluarga bersyukur kepada Tuhan
Ayo Menulis
Tuliskan kegiatan makan pagi bersama keluargamu
Pagi ini aku
makan ……………………
Aku
minum…………………….
Aku makan pagi
bersama …………………..
Perasaanku……………..
Bacalah dengan nyaring
Aturan
Makan di Rumah
Duduk dengan
tertib
Membaca doa
sebelum makan
Makan secukupnya
Mengucapkan
syukur setelah makan
Membantu Ibu
merapikan meja
Aturan
Ada aturan saat
makan
Ada aturan saat
berangkat sekolah
Kita harus ikut
aturan
Aturan membuat
hidup nyaman
Lengkapi bacaan berikut, pilihlah kata yang tepat
kemudian baca dengan nyaring
Berpamitan Doa Membantu
Merapikan Salam Rumah
1.
Aku
…………… ibu membereskan meja makan
2.
Ibu…………….
Piring di meja makan sebelum berangkat sekolah
3.
Aku
……………….. pada orang tua
4.
Aku
mohon ……………. Agar selamat
5.
Pukul
10 aku sampai di………………..
6.
Aku
mengucapkan …………………
Perhatikan percakapan bela dan ibu
Bela : ibu bolehkah bela membantu membawa piring
kotor
Ibu : boleh bela, ibu senang bela membantu
ibu
Bela : kata bu guru anak harus membantu orang
tua
Ibu : kamu anak baik bela, tolong semua
piring letakkan di dapur ya
Bela : iya bu bela akan bawa piring ke dapur
Ibu : terima kasih bela telah membantu ibu
Ayo Membaca
Bacalah dengan
nyaring
Berangkat
Sekolah
Setelah membantu
ibu dan ayah
Siti beranngkat
ke sekolah
Siti berpamitan
kepada ibu dan ayah
Siti mencium
tangan ibu dan ayah
Siti pulang dari sekolah
Tiba di rumah, Siti mengucapkan
salam
Ibu menjawab salam Siti
Siti mencium tangan Ibu
Rekreasi Bersama Keluarga
Siti, Ayah dan
Ibu berekreasi
Mereka pergi ke
rumah bibi di desa
Siti melihat
pemandangan yang indah
Sawah dan kebun
yang luas
Air sungai
bersih dan jernih
Di sekitar rumah
penduduk terlihat hewan peliharaan
Ada sapi,
kerbau, kambing dan ayam
Siti melihat
gerakan ayam
Gerakannya lucu sekali
Ayo Mengamati
Amati gerakan
ayam
Ayo diskusikan
dengan temanmu
Buatlah gerakan
menirukan ayam dalam bentuk tarian
Hari/Tanggal:
Selasa, 22 Oktober 2019
Pembelajaran : 2
Tujuan
Pembelajaran :
1. Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat
menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan keluarga dengan benar.
2. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat
menunjukkan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.
3. Dengan melakukan simulasi percakapan, siswa dapat
menggunakan ungkapan permintaan tolong dan terima kasih dengan santun.
Materi
Pembelajaran :
1.
Menyimak cerita guru tentang kegiatan olah raga
keluarga Udin.
2.
Menceritakan kegiatan olah raga yang dilakukan
keluarga masing-masing.
3.
Berlatih melengkapi percakapan dengan menggunakan
ungkapan tolong dan terima kasih.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Beni berolahraga dengan ayah dan ibu
Mereka berlari di taman dekat rumah
Beni sedang berolahraga bersama keluarga
Olahraga membuat badan sehat
Ayo Mengamati
Dengarkan guru membaca teks berikut
Rumah Tempat Berkumpul
Kita tinggal di rumah
Rumah tempat berlindung
Berlindung dari hujan dan panas
Di rumah kita
kerkumpul dengan keluarga
Di rumah kita
melakukan banyak kegiatan
Di rumah harus hidup
rukun
Hidup rukun itu
tidak bertengkar
Ayo Menjawab
1.
Siapa saja yang tinggal di rumah?
2.
Apa sajakah kegiatanmu di rumah?
3.
Mengapa harus hidup rukun di rumah?
4.
Apa sajakah ruangan yang ada di rumahmu?
5.
Apakah rumahmu bersih?
Ayo Bermain Peran
Lengkapilah percakapan berikut dengan kata tolong atau terima kasih
Udin : Edo, …………….. rapikan
kursi. Aku rapikan meja.
Edo : Baik Udin
Udin : ………………………. Edo
Edo : Sama- sama Udin
Edo : Udin…………… bersihkan papan tulis
Udin : Baik Edo
Edo : …………….. Udin. Aku rapikan buku
di meja guru
Udin : Sama-sama Edo.
Hari/Tanggal : Rabu, 23 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu
menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan orang tua di
rumah dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa mampu menjelaskan
ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3.
Dengan mempraktikkan percakapan, siswa mampu
menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dan percaya diri.
4. Dengan menyimak teks dan bercerita, siswa mampu
mempraktikkan cara meminta izin orang tua jika hendak bermain di luar rumah
dengan benar.
Materi Pembelajaran :
1.
Membaca nyaring teks Memasak bersama keluarga.
2.
Simulasi percakapan menggunakan kata tolong dan
terima kasih.
3.
Simulasi meminta izin ketika hendak bermain ke luar
rumah.
4.
Menceritakan pengalaman meminta izin ketika hendak
bermain ke luar rumah.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Dayu senang membantu ayah dan ibu di rumah
Dayu membantu ibu menyapu halaman
Setiap hari libur, Dayu juga membantu memasak
Memasak Bersama Keluarga
Hari minggu pagi Dayu membantu ibu memasak
Ibu memasak sayur sop
Ibu mengambil 6 wortel dan 4 kentang
Ayah menyiapkan buah
Ada 10 apel dan 8
pisang
Dayu membantu ibu dan ayah
Dayu senang belajar memasak
Dayu senang melakukan kegiatan bersama orang tua
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Bermain dengan Kakak
Kak hadi punya mainan
Bela punya mainan
Kak hadi dan bela bermain bersama
Saat bermain mereka rukun
Kata ayah dan ibu adik kakak harus rukun
Ayah dan ibu sedih kalau anak tidak rukun
Ayo Menulis
Lengkapilah percakapan
berikut dengan kata tolong dan terima kasih
1.
Selesai Bermain
Kak hadi minta bela
membantu merapikan mainan
Kak Hadi : bela …………… bereskan mainanmu,
kak
Hadi akan membereskan mainan kak hadi
Bela : baik kak hadi, bela akan
bereskan mainan bela
Kak Hadi : ……………….. adikku sayang
Bela : sama sama kak hadi
2.
Ayah mau ke pasar
Ibu minta tolong ayah
membelikan buah apel dan rambutan
Ayah : bu ayah mau ke pasar, …………… ibu
beri makan ikan
Ibu : baik ayah ibu segera beri
makan ikan
Ayah : …………… bu
Ibu : ayah …………. Belikan rambutan
dan apel
Ayah : baik bu, nanti ayah belikan
rambutan dan apel
Amati gambar di bawah ini
Tulislah banyak sayur dan
buah sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak sayur dan buah
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Diskusikan dengan temanmu
4, ….. , ….. , …..
Dayu membantu ibu menyusun alat makanan
Peralatan makan terdiri dari
Tulislah banyak alat makan sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak alat makan
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Lakukan secara mandiri dan teliti
1, ….. , ….. , …..
Ibu
menyiapkan bumbu dapur
Bumbu dapur terdiri dari
Tulislah banyak bumbu dapur sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak bumbu dapur
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Lakukan secara mandiri dan teliti
2, ….. , ….. , …..
Ayo Bermain Peran
Pada hari libur Dayu juga senang bermain
Setelah membantu memasak, Dayu akan bermain bersama teman-teman
Dayu minta izin kepada ibu
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu
menjelaskan gerakan menirukan gerak kupu-kupu dengan benar.
2. Melalui contoh yang diberikan guru, siswa mampu
mempraktikkan gerakan menari menirukan kupu-kupu dengan percaya diri.
3. Dengan melakukan gerakan berlari satu arah, siswa
mampu mempraktikkan penggunaan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
Materi Pembelajaran :
1.
Menyimak cerita guru tentang kegiatan berkebun
keluarga Siti. Dayu membantu kegiatan Siti.
2.
Menceritakan pengalaman berkebun bersama keluarga.
3.
Menyimak cerita guru tentang Siti dan Dayu yang
sedang bermain menirukan gerakan kupu-kupu.
4.
Melakukan gerakan menari menirukan gerakan
kupu-kupu.
Ayo Mengamati
Dengarkan cerita gurumu
Dayu bermain ke rumah Siti
Siti sedang berada di kebun
Kebun Siti terletak di samping rumah
Ayah Siti membersihkan rumput
Ibu Siti memetik bunga
Siti sedang menyiram tanaman
Ada kupu-kupu di sekitar tanaman
Warnanya bagus sekali
Dengarkan cerita gurumu
Siti dan Dayu melihat kupu-kupu
Sayapnya warna-warni
Kupu-kupu terbang ke sana kemari
Sayapnya dikepakkan
Siti dan Dayu menirukan gerakan kupu-kupu
Mereka senang sekali
Ayo Membaca
Bacalah puisi dengan suara nyaring
Pantai
Byur byur byur
Suara ombak berdebur di pantai
Ombak bergulung gulung
Di pinggir pantai
Di pantai bermain
pasir
Di pantai seru
berenang
Aku suka pantai
Aku bermain bersuka hati
Ayo Menulis
Lengkapilah kalimat
berdasarkan puisi di atas
Byur ………….. ………….
Suara ombak ………………..
Ombak …………………..
Di pinggir pantai
Di pantai …………………
Di pantai …………………
Aku suka ………..
Aku ……………………………….
Lengkapilah percakapan
dengan kata tolong atau terima kasih
Keluarga bela mau berlibur di pantai
Ayah memasukkan barang ke ,obil
Ayah minta tolong pada hadi
Ayah : Hadi, ………… Ayah membawa
barang ke mobil
Hadi : baik Ayah
Ayah : ……………… Hadi
Hari/Tanggal : Kamis, 24 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati
dan melengkapi teks percakapan, siswa dapat menjelaskan pentingnya penggunaan
ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.
2. Dengan memeragakan
percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan
percaya diri.
Materi Pembelajaran:
1.
Menyimak cerita
guru tentang kegiatan Lani belajar didampingi orang tua.
2.
Menceritakan
kegiatan belajar yang didampingi orang tua di rumah.
3.
Melengkapi
percakapan yang masih kosong dengan ungkapan tolong atau terima kasih.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Setiap sore Lani belajar di rumah
Lani belajar ditemani ayah dan ibu
Belajar bersama orang tua sangat menyenangkan
Ayo Mencoba
Amatilah percakapn di bawah ini
Isilah titik-titik dengan kata tolong atau terima kasih
Keika ayah sedang merapikan peralatan
Lani datang dan bercakap-cakap dengan Ayah
Ayo Berlatih
Lengkapilah gambar yang
hilang pada pola di bawah ini
Kerjakan secara mandiri
Hari/Tanggal : Jumat, 25 Oktober 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati
peragaan yang dilakukan guru, siswa mampu menggali informasi tentang hal-hal
yang harus dilakukan dalam hubungan dengan orang tua di rumah dengan tepat.
2. Dengan melengkapi
percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan
percaya diri.
3. Dengan mengamati
gambar, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya
diri.
4.
Dengan menyimak
penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan
Materi
Pembelajaran:
1.
Mengamati dan
menceritakan gambar Udin dan keluarga sedang merapikan rumah.
2.
Mengisi percakapan
menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih berdasarkan gambar.
3.
Memilih satu gambar
kegiatan membantu orang tua di rumah dan menceritakannya.
4.
Menceritakan
kebiasaan minta izin sebelum bermain ke luar rumah yang biasa siswa lakukan.
MATERI
Ayo Belajar
Udin dan keluarga sedang merapikan rumah
Udin, kakak, dan ayah senang membantu ibu
Apakah kamu senang membantu ibu di rumah?
Apakah kamu senang membantu ayah di rumah?
Apa saja pekerjaan yang kamu lakukan?
Ayo Menulis
Beni, Edo dan Dayu senang membantu pekerjaa
di rumah
Lengkapilah percakapan berikut dengan kata
tolong atau terima kasih
Ayo Berlatih
Lengkapilah
gambar yang hilang pada pola di halam berikut
Kerjakan secara
mandiri dan teliti
Gunakan pensil warna
atau krayon sesuai warna gambarnya
Buatlah pola
bilangan dari gambar tersebut
Pola bilangan
pada gambar kelereng merah
4, …. , …. , ….
Pola bilangan
pada gambar kelereng biru
2, …. , …. , ….
Pola bilangan
pada gambar kelereng hijau
3, …. , …. , ….
0 komentar:
Posting Komentar