Selasa, 15 Oktober 2019

Tema 4 Keluargaku Subtema 1 Anggota Keluarga

- Oktober 15, 2019
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 4 Keluargaku
Subtema 1 Anggota Keluargaku 

Aku memiliki keluarga bahagia
Ada ayah, ibu dan kakak
Kami memiliki kesukaan yang berbeda
Kami memiliki kegiatan yang berbeda
Kami saling menyayangi
Aku bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya kepada kami


Hari/Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.
2.      Melalui kegiatan diskusi, siwa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
3.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
4.      Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.
5.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
6.      Dengan arahan guru, siswa dapat mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.

Materi Pembelajaran :
1.      Membaca Teks Anggota Keluargaku.
2.      Membaca Teks Keluarga Udin.
3.      Menyanyikan Lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu.
4.      Memperkenalkan Anggota Keluarga.
5.      Menghafal sila pertama Pancasila.

MATERI

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring

            Keluargaku

Udin memiliki ayah
Udin memiliki ibu
Udin juga memiliki kakak
Keluarga udin terdiri dari ayah, ibu, kakak dan udin
Keluarga udin saling menyayangi

Ayo Berlatih
Susunlah kata menjadi kalimat mulailah dari kata yang bercetak tebal

1.      Ayah dan ibu – orang tua – adalah
2.      Anak-anak – orang tua – patuh – pada
3.      Mengatur – keluarga - Ayah dan ibu
4.      Tinggal – aku – di rumah – bersama – keluarga
5.      Rukun – hidup – keluarga

Ayo Lakukan
Amati foto keluarga Udin
Sebutkan nama ayah Udin
Sebuatkan nama ibu Udin
Sebutkan nama kakak Udin

Ayo Bernyanyi
Udin dan kakak senang bernyanyi
Mereka senang bernyanyi bersama
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama temanmu

                        Satu satu aku sayang ibu
                           Ciptaan : pak/bu kasur

Satu-satu aku sayang ibu
Dua-dua juga sayang ayah
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya

Ayo Berlatih
Udin mengenalka anggota keluargannya
Lakukan seperti Udin di depan kelas
Kenalkan anggota keluargamu
Lakukan dengan santun dan percaya diri

Simaklah cerita gurumu
Negara kita memiliki dasar negara
Dasar negara kita disebut Pancasila
Pancasila terdiri dari lima sila
Sila Pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa
Bersyukur atas karunia Tuhan adalah cerminan sila pertama
Perhatikan lambang dan teks Pancasila
Ayo bersama gurumu, bacalah teks Pancasila dengan nyaring 




Hari/Tanggal : Rabu, 16 Oktober 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran: Melalui kegiatan mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah, siswa dapat memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.
Materi Pembelajaran: Menjawab pertanyaan nama ayah, ibu, kakak atau adik.


MATERI
Ayo Mengamati 


Kita bersyukur atas karunia Tuhan
Satu contoh karunia Tuhan adalah kesehatan
Agar tetap sehat keluargaku selalu berolahraga
Ayah senang berjalan kaki
Ibu senam bersama teman-temannya
Udin senang bersepeda

Ayo Membaca
 Bacalah bacaan berikut
Bela berangkat ke sekolah
Bela berjalan kaki
Bela berjalan di atas trotoar
Trotoar untuk pejalan kaki
Di jalan bela bertemu teman baru
Bela berkenalan
Bela bertanya anggota keluarga

Ayo Menulis
Lengkapilah teks sesuai keluargamu
Namaku ………………..
Keluargaku terdiri dari …………… orang
Ayahku bernama ………………..
Ibuku bernama ………………….
Aku punya ………………… saudara
Aku panggil kakakku……………..
Aku panggil adikku………………

Ayo Membaca
Bacalah puisi yang dbuat bela berikut

            Keluargaku
Aku punya keluarga kecil
Ada ayah dan ibu
Aku punya seorang kakak
Aku bercerita dengan keluarga
Aku berlibur bersama keluarga
Aku membersihkan rumah bersama keluarga
Terima kasih tuhan telah memberiku keluarga 


Hari/Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
2.      Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
3.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Materi Pembelajaran :
1.      Melengkapi nama-nama anggota keluarga berdasarkan teks.
2.      Menceritakan anggota keluarga secara tertulis 
3.   Mengamati simbol sila pertama Pancasila.

MATERI

Ayo Mengamati
Bacalah teks terlebih dahulu!
Namaku Udin, ayahku bernama Rahmat
Ibuku bernama Fatimah
Kakak perempuanku bernama Mutiara
Isilah nama-nama pada foto di bawah ini

Isilah titik titik berdasarkan gambar di atas
1.      Jumlah anggota keluarga Udin……………..
2.      Udin dan Fatimah adalah ……………….
3.      Ayah dan ibu punya …………… orang anak
4.      Fatimah punya saudara sebanyak……………. Orang

Tahukah kamu?
Foto keluarga berbentuk segi empat
Segi empat disebut bangun datar
Contoh bangun datar yang lain adalah segitiga dan lingkaran

Ayo Mengamati
Ajaklah salah satu temanmu
Amati gambar-gambar di bawah ini
Adakah bentuk degi empat, segitiga dan lingkaran?
Isilah titik-titik di bawah ini

Bentuk-bentuk bangun datar


Apakah dikelasmu ada foto Garuda Pancasila?
Adakah Presiden dan Wakil Presiden?
Amati bingkai foto tersebut
Apakah bentuknya?
Amatilah symbol-simbol sila dalam Pancasila
 Adakah yang berbentuk segi empat?
Adakah yang berbentuk segitiga?
Adakah yang berbentuk lingkaran?
Amatilah simbol sila pertama
Apakah nama simbolnya?

Ayo Belajar
Sebelum makan kita harus berdoa
Ayah memimpin berdoa
Berdoa tanda bersyukur
Bersyukur karena diberi tuhan rezeki  
Lihatlah gambar bintang pada dada garuda
Gambar bintang adalah sila kesatu Ketuhanan Yang Maha Esa
Sikap yang sesuai dengan sila kesatu adalah berdoa sebelum melakukan kegiatan
Tidak membedakan teman juga sesuai sila kesatu

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1.  Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
2.  Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.

Materi Pembelajaran :
1.  Menyanyikan lagu Garuda Pancasila 
2. Menulis pengalaman berolah raga bersama keluarga.

MATERI
Ayo Membaca

Ayah bela senang berolahraga lari
Ayah rajin lari pagi
Ayah berlari di taman
Ibu bela suka membuat kue
Ibu membuat kue dengan oven
Bela suka kue bolu buatan ibu

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut

            Cerita keluarga bela

Ayah selalu menemaniku
Ayah mengantarku ke sekolah
Ayah menemaniku beli buku
Ibu baik hati
Ibu menyiapkan makanku
Ibu bercerita sebelum aku tidur
Kakakku hadi selalu membantu
Aku dapat tugas dari guru
Aku tidak bisa membuat tugas
Kak hadi membantuku mengerjakannya

Jawablah pertanyaan dengan lisan
1.      Siapa yang menemani bela membeli buku?
2.      Siapa yang suka bercerita pada bela?
3.      Bagaimana ibu terhadap bela?
4.      Siapa nama kakak bela?
5.      Siapa yang membantu bela mengerjakan tugas sekolah?

Bacalah dengan nyaring
Ibu Beni pelatih paduan suara
Hari itu ibu Beni melatih siswa kelas lima
Siswa kelas lima akan menjadi petugas upacara
Mereka berlatih menyanyikan lagu wajib Garuda Pancasila

Ayo Bernyanyi
Bacalah syair lagu berikut kemudian nyanyikan bersama temanmu

                        Garuda Pancasila
                                    Ciptaan : sudharnoto

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar Negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju


Hari/Tanggal : Jumat, 18 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan menggunakan bagan silsilah keluarga yang dibuat, siswa dapat menceritakan anggota keluarga dengan percaya diri.
2.      Melalui tanya jawab dan kerjasama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
1.      Mengamati bagan silsilah keluarga.
2.      Membuat bagan silsilah keluarga.
3.      Menjelaskan isi bagan silsilah keluarga.
4.      Menceritakan bagan silsilah keluarga.
5.      Melengkapi tabel nama-nama anggota keluarga salah satu teman.

MATERI
Ayo Mengamati

Silsilah keluarga menunjukkan asal usul keluarga
Inilah silsilah keluarga Udin

Buatlah bagan silsilah keluargamu
Isilah nama-nama anggota keluargamu

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks di bawah

               Peran Ayah dan Ibu
Bekerja
Ayah bekerja memenuhi keperluan keluarga
Ada pula ibu yang ikut bekerja
Ayah dan ibu memperhatikan keluarga
                                    Merawat Anak
                                    Ayah dan ibu memelihara anak anaknya
                                    Ayah dan ibu menyekolahkan anak anaknya
                                    Ayah dan ibu mengawasi anak anaknya
Peran Anak Belajar
Sebagai pelajar tugas utaman anak adalah belajar
Seorang anak harus menuntut ilmu
Untuk bekal pada masa depan
Membantu Orang Tua
Seorang anak dapat membantu orang tua
Misalnya membersihkan kamar tidur
                                    Patuh Pada Orang Tua
                                    Seorang anak harus patuh dan menghormati orang tua
                                    Anak patuh pada nasihat orang tua

Ayo Berlatih  
Lengkapilah kaliamat berikut dengan kata yang tersedia
Tugas                          rajin                            menjaga
Mengganti                  menyuruh                  membantu

1.      Kamu adalah pelajar tugas kamu belajar yang ……………..
2.      Contoh hidup rukun di rumah adalah …………. Anggota keluarga
3.      Sebagai kepala keluarga ayah dan ibu ………….. anak anaknya
4.      Kakak dapat membantu adik mengerjakan ………….
5.    Pulang sekolah badi langsung menyalakan televise badi masih memakai baju seragam dan sepatu ayah …………… badi melepas sepatu, ayah juga menyuruh badi …….. baju seragam dahulu 

Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan membaca nyaring dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama Pancasila dengan benar.
3.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.

Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks kegiatan bermain bersama.
2.      Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga.
3.      Memasangkan teks sila pertama Pancasila dengan simbol yang sesuai.

 MATERI

Bacalah dengan nyaring

Bermain Bersama

Hari minggi udara cerah
Udin dan Kak Mutiara
Bermain di halaman
            Udin bermain mobil-mobilan, yoyo, dan kartu huruf
            Kak Mutiara bermain ular tangga
            Kak Mutiaran juga membawa gelang dari plastic, buku gambar, pensil warna, dang penggaris segitiga
Mereka saling tukar mainan
Mereka senang bermain bersama

Ayo Membaca
Bagaimana sikap kasih sayang dalam keluarga
Bacalah bacaan berikut

            Kasih sayang orang tua

Ayah dan ibu menyayangi kita
Ibu melahirkan dan menyusui kita
Ibu juga merawat kita hingga besar
Ayah bekerja untuk keluarga
Ayah juga membantu ibu di rumah
Sekarang kita sudah besar
Kasih sayang orang tua tidak berkurang
Ayah menemani kita bermain
Ibu menemani kita belajar

Ayo Jawab
Isilah titik titik di bawah ini berdasarkan cerita di atas pilih jawaban yang sesuai

Patuh                           Keluarga          Ibu                   Menemani                   Kasih Sayang

1.      Yang lahirkan kita adalah ……………
2.      Anak anak harus ………….. pada orang tua
3.      Ayah bekerja untuk …………..
4.      Orang tua …………. Kita belajar dan bermain
5.      Keluarga harus mempunyai………….

Ayo Belajar
Punya keluarga rukun
Punya teman yang baik
Kita punya mainan dari orang tua
Untuk itu kita bersyukur
Kita bersyukur atas karunia tuhan
Ini sesuai dengan sila kesatu
Yaitu ketuhanan yang maha esa

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata yang tersedia

Satu                 Menjaga                      Bintang                       Nasihat

1.      Sikap bersyukur sesuai dengan sila ke……………
2.      Lambing dari sila kesatu adalah …………..
3.      Kita bersyukur punya mainan, untuk itu kita harus ………….. mainan agar tidak rusak
4.      Ibu baik pada kita, untuk itu kita bersyukur dengan mengikuti …………… ibu





0 komentar:

 

BELAJAR BERSAMA © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor