Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4), PPKn (KD 3.4, 4.4), IPS (KD3.3, 4.3)
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan membaca materi blogger, Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
- Dengan membaca materi blogger, Siswa mampu menjelaskan Peristiwa yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
- Dengan membaca materi blogger, Siswa mampu menjelaskan Produk Hasil Kegiatan Ekonomi Masyarakat.
Bahasa Indonesia
Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik
Menggunakan bahasa yang singkat, padat, menarik, dan jelas.
Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
Menggunakan kata konotasi positif
Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.
Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga jenis iklan elektronik adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Salah satu unsur yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan adalah kalimat iklan. Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.
Contoh iklan dengan media elektronik televisi dan radio
Contoh iklan dengan media papan reklame elektronik
“Segar nyatanya memang menyegarkan”
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.
Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.
Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.
Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.
PPKn
Peristiwa yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, karena Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan. Suku, agama, dan ras yang ada di Indonesia sangat banyak dan harus dijaga keserasisannya. Hal ini untuk menghindari perpecahan antara warga Negara Indonesia. Persatuan dan kesatuan dilambangkan dengan semboyan Bersatu Kita Teguh. Dalam buku Kronik Revolusi Indonesia: 1945 (1999) karya Pramoedya Ananta Toer, artinya menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi
beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
1. Menghormati budaya lain
Menghormati budaya lain mencerminkan sikap persatuan karena saling menghormati antara buidaya satu dengan yang lain, terlebih Indonesia memiliki beragam budaya. Jika seseorang merasa nyaman di lingkungannya, maka akan mudah untuk bekerja sama dan bersatu.
Contoh kerjasama di masyarakat
2. Saling membantu
Saling membantu mencerminkan persatuan dan kesatuan karena dengan saling membantu kerukunan dan kebersamaan tetap terjaga. Hal yang bisa dilakukan seperti gotong-royong. Suatu pekerjaan akan cepat selesai dan lebih efektif serta efisien jika dilakukan bersama-sama.
3.Tidak sombong
Sikap tidak sombong dan tidak acuh mencerminkan pesatuan dan kesatuan karena dengan sikap tersebut akan menyatukan kita dengan teman-teman, baik di rumah maupun di sekolah. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mau membantu teman yang tidak mengerti materi pelajaran. Sehingga teman tersebut menjadi paham. Sikap tidak sombong dan peduli ini sangat baik dilakukan.
Berikut perilaku yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkup keluarga:
Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
Saling mencintai sesama anggota keluarga
Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
Mengembangkan sikap tenggang rasa.
Berikut ada perilakukan yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkup masyarakat:
Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan
Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga
Menyelesaikan masalah sosial bersama-sama tidak diselesaikan sendiri
Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras
Bersikap ramah kepada semua orang.
Berikut contoh perilaku yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan du lingkup sekolah: Menjenguk teman yang sedang sakit
Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
Belajar yang giat dan tidak bolos sekolah
Saling menghormati teman yang berbeda agama atau suku dan tidak membeda-bedakannya
Tidak menyontek.
Setiap warga negara harus menjaga dan mengamalkan sikap persatuan dan kesatuan.
Itu sebagai upaya untuk menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan mengingat Indonesia merupakan negara yang penuh keragaman. Dengan adanya persatuan dan kesatuan maka akan memperkokoh ketahanan dan menjaga keamanan negara.
IPS
Produk Hasil Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Di Indonesia kegiatan ekonomi masyarakat beragam. Ada yang bersifat agraris dan non agraris.
Berikut jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat:
Pertanian
Pertanian merupakan kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai faktor utama. Hasilnya tersebut adalah bahan makanan. Hasil yang diperoleh itu seperti padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, atau umbi-umbian. Pertanian banyak menjadi mata pencaharian bagi masyarakat di Indonesia.
Perkebunan
perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai.
Kemudian mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut.
Lahan perkebunan adalah lahan usaha pertanian yang luas. Biasanya terletak di daerah tropis atau subtropis. Di mana digunakan untuk menghasilkan komoditas perdagangan (pertanian) dalam skala besar dan dipasarkan ke tempat yang jauh, bukan untuk konsumsi lokal.
Hasil perkebunan itu seperti kayu, atau rotan.
Peternakan
Peternakan merupakan kegiatan usaha dengan cara memelihara hewan, kemudian mengambil hasilnya dan dijual. Hasil peternakan itu seperti telur ayam, daging ayam, daging kambing, tau susu susu sapi.
Perikanan
Perikanan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan ikan. Perikanan dapat dikelompokan seperti penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, dan pertambakan.
Perdagangan
Perdagangan merupakan kegiatan usaha yang menyalurkan barang produksi dari produsen ke konsumen. Barang yang dijual berbeda-beda, bisa hasil dari pertanian, perikanan, atau perkebunan.
Perindustrian
Menurut KBBI, Perindustrian adalah urusan atau segara sesuatu yang bertalian dengan industri. Industri adalah kegiatan usaha yang mengolah barang-barang mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi.
Biasanya mereka mengolah dalam jumlah yang besar. Kemudian dijualan sendiri atau lewat perantara.
Jasa
Jasa merupakan kegiatan yang memberikan layanan atau jasa.
Contohnya seperti transportasi atau pariwisata. Di mana dipromosikan ke daerah luar.
0 komentar:
Posting Komentar