Good morning my student..,,,
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VC, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Tema 8 : Lingkungan sahabat kita Subtema 3 : Usaha pelestarian lingkungan Pembelajaran 1 dan 2 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPA (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca materi siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks
nonfiksi.
2. Dengan membaca materi siswa dapat menyebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi kualitas air dengan benar.
3. Dengan membaca materi siswa dapat menentukan tema untuk membuat gambar
cerita dengan baik.
Bahasa
Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Merngidentifikasi
Peristiwa dalam teks Nonfiksi
Setiap teks mengandung informasi atau peristiwa di dalamnya,
cara mengetahui peristiwa dalam teks dengan cara membaca dengan saksama,
menemukan gagasan pokok dalam setiap paragraph, dan memberikan tanda khusus
pada setiap kata kunci. Setelah itu, kamu dapat membuat catatan baik dalam
bentuk peta pikiran atau diagram alir.
Menjelaskan peristiwa
penting teks nonfiksi dengan menjawab pertanyaan
Dalam menemukan peristiwa yang terdapat pada teks, kita perlu
membaca dan memahami isis teks dengan baik. Semua peristiwa tersebut dapat kita
temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satu cara
membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. Dengan
membaca dalam hati, kita dapat mencermati hal-hal penting yang terdapat pada
teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Aktivitas membaca adalah aktivitas
yang hasil akhirnya adalah mendapatkan sebuah informasi. Untuk dapat menggali
atau mendapatkan informasi dari sebuah bacaan, kita dapat mengajukan pertanyaan
apa, siapa, dimana, mengapa, dan bagaimana.
Kesimpulan adalah hasil dari
kegiatan kita dalam mengolah dan memahami pernyataan-pernyataan yang ada dalam
sebuah bacaan.
Berikut
adalah langkah-langkah membuat kesimpulan sebuah bacaan :
a.
Baca bacaan dengan saksama.
b.
Temukan
pokok-pokok isi dari bacaan tersebut.
c.
Ringkaslah
pokok-pokok isi bacaan yang telah kamu temukan.
d.
Berdasarkan
ringkasan buatlah kesimpulan. Kesimpulan harus berupa pernyataan yang
menyatakan isi seluruh bacaan.
Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
Bagaimana rasa air laut? Ya, air laut terasa asin. Jika kamu
berenang di pantai dan terpercik air laut, kamu akan mengetahui bahwa air laut terasa
asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut.
Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam
kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia
berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum,
memasak, dan mencuci. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu
persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
1. Persyaratan secara fisik
a. Tidak keruh
b. Tidak berwarna apa pun
c. Tidak berasa apa pun
d. Tidak berbau apa pun
e. Suhu antara 10o-25o C (sejuk)
f. Tidak meninggalkan endapan
2. Syarat kimiawi
a. Tidak mengandung bahan kimiawi
yang mengandung racun
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi
yang berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH (derajat keasaman) air antara
6,5 – 9,2
3. Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit
seperti disentri, tipus, dan kolera.
Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang
sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau
sumbersumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan
dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan
berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman
berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke
rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari
masyarakat. Sumber air ainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini
dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan
sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur.
Namun, sekarang kita dapat menggunakan pompa air bertenaga listrik. Dengan
pompa itu air dialirkan ke atas melalui pipa menuju ke bak penampung air, kamar
mandi, dapur, dan tempat-tempat lain di rumah.
Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap
tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan
bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin
bertambah. Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang.
Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah.
Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan
terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada
akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan
ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan
kawasan industri. Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air
kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya,
penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan
seharihari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan. Ada
beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis
air bersih sebagai berikut:
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan
supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
SBdP (KD 3.1 dan
KD 4.1)
Gambar
Cerita adalah ilustrasi gambar yang dibuat untuk
memperjelas pesan teks yang ingin disampaikan. Contohnya yaitu: buku-buku
cerita bergambar, komik, novel, majalah anak, poster, brosur,, buku pelajaran
sekolah dan sebagainya.
Contohnya :
ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga,
lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.
Gambar diatas merupakan poster tentang imbauan membuang sampah pada tempatnya guna menjaga kebersihan lingkungan. Pesan yang disampaikan terlihat hidup karena adanya gambar yang dapat mewakili maksud dan tujuan yang ingin disampaikan. Dengan begitu suatu pesan dapat dengan mudah kita mengerti.
Bagaimana materi hari ini? Semoga Ananda semua bisa memahaminya ya. Setelah kalian mempelajari materinya tugas Ananda minggu ini adalah tugas project based learning membuat klipping yang akan dikumpulkan klippingnya pada pembelajaran 5 & 6, untuk hari ini tugas Ananda yaitu :
1. Mengumpulkan gambar cara memanfaatkan air
Dokumentasikan saat Ananda mengerjakan tugasnya (proses saat mencari gambar, menggunting gambar, menempel gambar di kertas HVS, menulis judul contoh judulnya "Gambar cari memanfaatkan air"). Kumpulkan dokumentasinya tepat waktu ya, Bu guru tunggu sampai jam 12, jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini jika kalian sudah mempelajari materinya & ada yang ingin ditanyakan.
Tetap semangat beribadah dan belajar, jangan lupa sholat 5 waktu, bantu orang tuamu, jaga selalu kesehatan dan selalu berdoa agar pandemi segera berlalu aamiin... ibu guru akhiri wassalammualaikum.
Dokumentasi kegiatan kemaren:
8 komentar:
Nma:vidya nur nafiah
Kls:5c
Ket:hadir
Nama :rakha azaria putra
Kelas:5c
Ket hadir
Nama : Nur Janeeta Putri
kelas: 5c
ket : hadir
Nama:Ghania Aulia Salsabila
Kelas:5c
Ket:hadir
Nama:Ghania Aulia Salsabila
Kelas:5c
Ket:hadir
Nama : Nur Janeeta Putri
kelas: 5c
ket : hadir
Nama : Ridho Alfachrizy
No Absen : 18
Hadir
Terimakasih anak sholeh sholeha ibu guru
Posting Komentar