Tema 6 Sub Tema 1 PB 3 dan 4
Hari/tanggal : Kamis/7 Januari 2021
Assalammualaikum, Apa kabar anak sholeh/sholeha VC, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
kemarin kita belajar tentang bangun ruang dan ada 4 soal yang kita kerjakan. salah satu ciri - ciri balok memiliki 12 rusuk dan ciri - ciri kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang, dan volume kubus rumusnya s x s x s jadi jawabanya 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm3 untuk volume baloknya rumusnya p x l x t jadi jawabannya 10 cm x 5 cm x 4 cm = 200 cm3 .
Baiklah hari ini kita akan mempelajari tentang Konvensi Hak-Hak Anak, Hak-Hak Seorang Siswa, Kewajiban Warga Negara dan Siswa, Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi, Manusia dengan Lingkungan Alam, Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam.
Berikut materinya ya nak simak dan baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
PPKn (KD 3. 2 dan 4. 2)
Konvensi Hak-Hak Anak
Setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang layak.
Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak
anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.
Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
2. Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
Hak-Hak Seorang Siswa
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1. Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
3. Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4. Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5. Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
6. Memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7. Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
8. Mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
Contoh Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3 dan 4. 3)
Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi
Langkah-langkah membuat kesimpulan pada teks eksplanasi
1. Membaca teks yg akan diringkas secara keseluruhan.
2. Temukan pikiran utama dalam setiap paragraf.
3. Catat pokok pikiran tersebut.
4. Susun kembali pikiran utama menjadi sebuah kesimpulan.
IPS (KD 3. 2 dan 4. 2)
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
Manusia dengan Lingkungan Alam
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
1. Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.
2. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam
1. Lingkungan alam di sekitarnya menjadi rusak
2. Menyebabkan bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
3. Keseimbangan ekosistem terganggu.
Bagaimana dengan materi hari ini semoga dapat kalian pahami ya nak. untuk tugas hari ini akan bu Guru kirimkan melalui Voicenote di grup kelas kita ya nak jadi pelajari terlebih dahulu materi yang ada di blogger ibu Guru dan tinggal kan komentar di blogger. nanti kirimkan jawaban kalian juga melalui Voicenote.
Jangan lupa sholat 5 waktu dan sholat dhuhanya, Selalu jaga kesehatan kalian dan selalu semangat ya nak belajarnya walaupun dari rumah!
Wassalamualaikum.wr.wb
9 komentar:
Assalamualaikum..terimakasih untuk materinya Bu guru
M.raffa Davin azka
5c
No.absen 14
Hadir
Assalamualaikum
Kalinda Rana aqila
5c
Hadir
No.absen 10
Terimakasih materinya Bu
Waalaikumsalam terimakasih nak, jaga selalu kesehatan dan tetap semangat ya..☺️
Assalamualaikum,
Nur Janeeta Putri
5c
Hadir
No. Absen 20
Nama:Sheina Aliz Aila
Kelas:5c
Hadir
Nama :Samy mufidi
Kelas :5c
N.Absen:27
Ket :Hadir
Nama : Raja arta wijaya
Kelas: 5C
Ket: Hadir
Terima kasih materinya bu
Saya memahaminya
Wasalamualaikum Wr wb
Syifa Khairunnisa Amha
Kelas 5c
Absen 31
Hadir.
Terimakasih 🙏
Posting Komentar