ABSTRAK
Meningkatkan Self Confident
Melalui pembelajaran Metakognitif Questioning Pada peserta
didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung Kelas VII Tahun Pelajaran 2012/2013
Oleh : Fitrian Aprilysa
Mempelajari
Matematika sangat penting bagi manusia karena banyak yang telah disumbangkan
matematika bagi perkembangan peradaban manusia, kemajuan sains dan teknologi
yaang begitu pesat tidak lepas dari peranan matematika. Dalam proses pendidikan
saat ini matematika masih menjadi momok yang di takuti oleh sebagian peserta
didik sehingga yang terjadi mengakibatkan rendahnya self confident peserta didik terhadap matematika, rendahnya self confident peserta didik tersebut
dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah guru masih menggunakan
pembelajaran yang kurang bervariatif yang mengakibatkan peserta didik cenderung
pasif, oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan
pembelajaran yang tepat dan serasi yaitu dengan pembelajaran metakognitif questioning dimana
pembelajaran ini lebih membuat peserta didik menjadi aktif dan diarahkan selalu
berpikir sebelum bertindak serta dapat menganalisis untuk mencari dan
mmenemukan sendiri jawaban dari suatu pertanyaan. Inilah yang menjadi daya
tarik penulis dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan
pada pembelajaran metakognitif
questioning.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self confident peserta didik melalui pembelajaran metakognitif questioning. Dimana dalam
penelitian ini bertempat di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Terutama pada peserta didik kelas VII semester genap. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII C dan VII D. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara pertimbangan (sampling
purposif).
Berdasarkan nilai N-gain, hasil
uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors
dan kesamaan dua varians dengan
mengggunakan variansi terbesar dibandingkan dengan variansi terkecil, diperoleh
bahwa data hasil angket dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen,
sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t-angket. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t-angket diperoleh
= 3,66 sedangkan
nilai
= 1,67. Oleh karena
maka
ditolak dan
diterima, dengan
kategori N-gain sedang yaitu 0,37.
Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan rata-rata self
confident terhadap matematika yang menggunakan pembelajaran metakognitif quetioning lebih tinggi
dibandingkan dengan metode konvensional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan self confident melalui pembelajaran metakognitif questioning pada peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar
Lampung kelas VII Tahun Pelajaran 2012-2013.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Metakognitif Questioning dan Self Confident
Biar rileks senam dulu yok....
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Metakognitif Questioning dan Self Confident
Biar rileks senam dulu yok....
0 komentar:
Posting Komentar