Minggu, 09 November 2014

Meningkatkan Self Confident Melalui pembelajaran Metakognitif Questioning

- November 09, 2014


ABSTRAK

Meningkatkan Self Confident  Melalui pembelajaran Metakognitif Questioning Pada peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung Kelas VII Tahun Pelajaran 2012/2013

Oleh : Fitrian Aprilysa
Mempelajari Matematika sangat penting bagi manusia karena banyak yang telah disumbangkan matematika bagi perkembangan peradaban manusia, kemajuan sains dan teknologi yaang begitu pesat tidak lepas dari peranan matematika. Dalam proses pendidikan saat ini matematika masih menjadi momok yang di takuti oleh sebagian peserta didik sehingga yang terjadi mengakibatkan rendahnya self confident peserta didik terhadap matematika, rendahnya self confident peserta didik tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah guru masih menggunakan pembelajaran yang kurang bervariatif yang mengakibatkan peserta didik cenderung pasif, oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran yang tepat dan serasi yaitu dengan pembelajaran metakognitif questioning dimana pembelajaran ini lebih membuat peserta didik menjadi aktif dan diarahkan selalu berpikir sebelum bertindak serta dapat menganalisis untuk mencari dan mmenemukan sendiri jawaban dari suatu pertanyaan. Inilah yang menjadi daya tarik penulis dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada pembelajaran metakognitif questioning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self confident peserta didik melalui pembelajaran metakognitif questioning. Dimana dalam penelitian ini bertempat di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Terutama pada peserta didik kelas VII semester genap. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII C dan VII D. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara pertimbangan (sampling purposif).
Berdasarkan nilai N-gain, hasil uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan kesamaan dua varians dengan mengggunakan variansi terbesar dibandingkan dengan variansi terkecil, diperoleh bahwa data hasil angket dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t-angket. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t-angket diperoleh = 3,66  sedangkan nilai = 1,67. Oleh karena   maka  ditolak dan  diterima, dengan kategori N-gain sedang yaitu 0,37.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata self confident terhadap matematika yang menggunakan pembelajaran metakognitif quetioning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan self confident melalui pembelajaran metakognitif questioning pada peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung kelas VII Tahun Pelajaran 2012-2013.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Metakognitif Questioning dan Self Confident

Biar rileks senam dulu yok....
 




0 komentar:

 

BELAJAR BERSAMA © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor